Fapet IPB Gandeng Warga Budidayakan Domba

 Institut Pertanian Bogor memberdayakan perekonomian warga Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dengan mengajari cara budidaya ternak domba yang baik dan menguntungkan.

Sri Rahayu, peneliti Fakultas Peternakan IPB, Sabtu (14/8), mengatakan, pihaknya tengah membantu pengembangan budidaya ternak domba bagi warga Desa Sirnasari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

“IPB memiliki program pemberdayaan masyarakat lingkar kampus. Program tersebut kami kembangkan berupa pengajaran budidaya ternak ke masyarakat,” ujar Sri Rahayu.

Budidaya ternak merupakan salah satu usaha sampingan yang dapat dikembangkan masyarakat. Selain mudah, usaha tersebut juga mendatangkan nilai tambah ekonomi.

Oleh karena itu, Fakultas Peternakan IPB mengajari warga Desa Sirnasari tentang budidaya ternak domba, agar hal tersebut digeluti warga setempat.

Selain mengajari budidaya, IPB juga menyerahkan empat ekor domba kepada warga Sirnasari dengan sistem bagi hasil.

Empat ekor domba bakalan jantan tersebut diserahkan untuk penggemukan. Pada Hari Raya Idul Adha, domba tersebut akan dijual dan keuntungan yang didapat dibagi dua antara peternak dengan IPB.

Siri Rahayu mengemukakan, penyerahan domba dalam kerjasama dengan peternak di Dramaga dipilih karena perawatannya lebih mudah dibandingkan hewan lain.

“Perawatan domba lebih mudah dan murah. Kalau sapi membutuhkan perawatan ekstra,” ujarnya.

Selama proses penggemukan tim IPB akan mendampingi, agar proses tersebut berjalan dengan baik. Bila terdapat hambatan pertumbuhan, IPB akan membantu mendampingi peternak mengatasinya.

Kerja sama Fakultas Peternanakan IPB dengan warga Desa Sirnasari Drmaga dalam pengembangan budidaya ternak domba sebagai uji coba model baru pemberdayaan ekonomi masyarakat. Bila program tersebut berjalan dengan baik, IPB akan mengembangkannya dalam lebih luas.(mediaindonesia.com, 14/8/2010)

 

http://www.kampungternak.or.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: