Kecoa Madagaskar *Komoditas SaHaRa



Kecoa Madagascar adalah kecoa berukuran besar, tidak bersayap, dan dapat digunakan sebagai pakan untuk beberapa hewan peliharaan seperti reptil, tarantula, dan lain sebagainya. mereka memiliki exoskeleton yang keras untuk perlindungan, dan mereka dapat mengeluarkan suara bising yg cukup keras untuk mengusir predator. Rata2 kecoa madagascar dapat hidup 2 sampai 3 tahun. Kecoa Madagaskar sudah menjadi pet yang cukup digemari di belahan dunia ini, karena selain menarik, perawatannyapun sangat mudah.

Daerah asal
Madagascar (sebelah timur Afrika). Kecoa madagascar hidup di daratan hutan madagascar, dan makan tumbuh-tumbuhan apapun yang jatuh ke tanah. Mereka secara tidak langsung membantu penyuburan hutan lewat kotoran yang mereka keluarkan.

Ukuran dan sexing
Untuk jantan, rata-rata mencapai 6Cm, sedangkan betina lebih kecil. Pada jantan, ditemukan “tanduk” kecil di dekat kepala, dan antenanya memiliki rambut-rambut kecil.

Temperatur dan kelembaban
Rata-rata mereka dapat hidup pada temperatur apapun, dimungkinkan karena perbedaan temperatur yang drastis di hutan Madagaskar. Temperatur yang sangat tepat untuk mereka pada musim kawin adalah 85 derajat Fahrenheit.

Handling
Tidak seperti kecoa-kecoa yang kita temui pada umumnya, mereka tidak berlarian bila dipegang di telapak tangan kita. Selama tidak merasa terancam, mereka tidak akan berusaha untuk kabur dari tangan kita. Simpan kecoa Madagaskar pada telapak tangan terbuka, atau jepit mereka pada kedua sisi tubuhnya dengan menggunakan jari. Tapi jangan terlalu keras, karena akan mengakibatkan kecoa tersebut merasa bahwa anda adalah predator yang siap memangsanya.

Desain terarium
Kecoa Madagaskar bisa hidup di berbagai macam substrat, terrarium yang diisi oleh gravel atau pasir adalah yang terbaik, karena perbedaan kontras warna akan mengakibatkan semakin menariknya terrarium anda. Anda bisa mendesain terarium semirip mungkin dengan lantai hutan. Simpan potongan kayu atau batu sebagai tempat Kecoa Madagaskar bersembunyi. Ingat untuk menggunakan penutup berupa ram kawat pada bagian atas terarium, karena ingat, meskipun mereka tidak dapat terbang, tetapi mereka dapat merayap.

Makan dan minum
Sediakan air dalam mangkuk, simpan spons atau batu dalam mangkuk tersebut, dengan tujuan agar kecoa tidak tenggelam didalamnya. Spons atau batu tersebut berfungsi sebagai batu pijakan agar kecoa bisa keluar. Untuk makanan, anda bisa memberikan cat food atau dog food. Kecoa (tidak terkecuali kecoa madagaskar) sudah beradaptasi untuk dapat makan makanan apapun. makanan yang disarankan selain itu adalah wortel dan selada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: